REVIEW JURNAL
“ANALISIS PENERAPAN E-BUSINESS STUDI
KASUS PADA
PT. SINAR MAS AGRO RESOURCES AND
TECHNOLOGY (SMART), Tbk”
Karya : Puspa Rani dan Diana Rahmawati
Identitas
:
Jurnal yang direview adalah sebuah Jurnal
Pendidikan Akuntansi Indonesia yang ditulis oleh Vina Noor Martaria dari Universitas
Negeri Yogyakarta. Jurnal yang berjudul “Analisis Penerapan E-Business Studi
Kasus Pada PT.Sinar Mas Agro Resource and Technology (SMART), Tbk” ini
diterbitkan pada tahun 2008 dengan volume 6, No.2, rentang halaman 52-59.
Abstrak
Penerapan
e-bisnis pada suatu unit usaha dapat menimbulkan keuntungan dan kerugian. Pada
satu sisi pemanfaatan teknologi informasi untuk bisnis memberikan keuntungan
dalam hal peningkatan penjualan, memperluas pemasaran dan promosi serta
meningkatkan efisiensi, tetapi disisi lain penerapan e-bisnis cenderung
mengakibatkan kerugian karena biaya yang dibutuhkan untuk mengoperasikan teknologi
tersebut sangat tinggi.
Hasil analisis
terhadap penerapan e-bisnis pada PT. SMART, Tbk adalah bahwa penerapan tersebut
memberi banyak keuntungan baik bagi pihak luar maupun bagi perusahaan itu
sendiri. Pihak luar dari kalangan investor dapat memperoleh informasi tentang
laporan keuangan dan pengumuman deviden melalui item for investor. Bagi para konsumen, informasi mengenai produk
dapat diperoleh melalui item for consumer.
Selain itu, para pencari kerja juga dapat memperoleh informasi mengenai
lowongan pekerjaan di perusahaan melalui item for job seeker. Keuntungan yang dapat diraih tidak hanya sebatas
keuntungan finansial, tapi juga keuntungan nonfinansial.
Latar
Belakang
E-bisnis
(Electronic Business, atau “E-business”)
dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan
semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer (Wikipedia
Indonesia). Definisi lain mengatakan e-business
adalah mengelola bisnis di internet yang terkait dengan pembelian,
penjualan, pelayanan terhadap konsumen, dan kolaborasi antar rekan bisnis.
Istilah e-business pertama kali digunakan
salah satunya oleg IBM pada tahun 1997. (SearchCIO.com). Dengan demikian,
e-bisnis dapat diartikan sebagai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
oleh organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan
mengelola proses bisnis utama sehingga dapat memberikan keuntungan baik berupa
keamanan, fleksibilitas, integrasi, optimasi, efisiensi, dan peningkatan
produktivitas dan profit.
Penerapan e-bisnis pada suatu unit
usaha sebenarnya dapat menimbulkan keuntungan dan kerugian bagi unit usaha yang
dimaksud. Terkadang permasalahan ini menjadi dilema yang harus diselesaikan
oleh manajemen. Pada satu sisi, teknologi ini akan sangat menguntungkan
penjualan. Promosi dapat dilakukan secara meluas. Sampai pada efisiensi tenaga
kerja, secara tidak langsung. Namun, bagi beberapa unit usaha, penerapan
e-bisnis cenderung akan mengakibatkan kerugian. Hal ini dikarenakan biaya yang
dibutuhkan untuk mengoperasikan teknologi ini sangat tinggi. Bahkan bisa lebih
tinggi daripada keuntungan yang diperoleh dari penerapan e-bisnis itu sendiri.
Sehingga hal ini tidak memenuhi cost and
benefit. Di mana benefit yang
seharusnya diperoleh lebih besar daripada cost
yang dikeluarkan. Unit usaha yang penulis pilih untuk analisis ini adalah
PT. Sinar Mas Argo Resources and Technology (SMART), Tbk. Perusahaan ini
merupakan perusahaan manufaktur yang telah menerapkan teknologi informasi
(e-bisnis) dalam kegiatan bisnis perusahaannya.
Analisis
Kegiatan
e-bisnis dapat dilakukan dalam beberapa model, misalnya Business to Consumer (B2C), Business (B2B), Business to Government
(B2G), dan Business to Education (B2E). Sistem e-bisnis pada PT. SMART, Tbk
yang akan dianalisis adalah e-bisnis model B2C. Dalam hal ini, perusahaan
berusaha memberi kemudahan bagi konsumen untuk mengakses atau mengetahui
tentang perusahaan yang dimaksud. Tidak hanya konsumen, namun juga pihak-pihak
lain dapat memanfaatkan sistem ini, seperti investor, bahkan para pencari
kerja.
B2C menjembatani aktivitas antara
organisasi dalam hal ini PT. SMART, Tbk dengan para konsumen serta pihak yang
berkepentingan lainnya. Salah satu cara yang ditempuh perusahaan dalam
menerapkan e-bisnis adalah dengan memanfaatkan media jaringan dan komunikasi.
PT. SMART, Tbk telah menyediakan situs/website
tentang perusahaannya di internet yang dapat diakses oleh siapa saja, kapan
saja dan dimana saja (www.smart-tbk.com).
Hasil dan Pembahasan
Penerapan e-bisnis dengan
memanfaatkan teknologi informasi jaringan dan komunikasi tentunya memberikan
dampak yang sangat besar bagi perusahaan dalam hal meningkatkan penjualan dan
beberapa hal lain yang telah disebutkan sebelumnya. Namun, perlu diperhatikan
juga bahwa penerapan suatu teknologi informasi yang mutakhir memerlukan biaya
yang tidak sedikit jumlahnya. Berikut ini analisis kebermanfaatan penerapan
e-bisnis pada PT. SMART, Tbk dilihat dari laporan keuangan tahun sebelum
penerapan e-bisnis (2004) dan tahun 2005 setelah penerapan e-bisnis dengan
membuka situs/website.
Pada tahun 2004, biaya penjualan,
termasuk biaya promosi dan iklan sebesar Rp 128.207.022.143. Sementara pada
tahun 2005 biaya ini menjadi lebih besar, salah satunya dimungkinkan karena
adanyapenerapan e-bisnis (website)
ini. Biaya ini naik sebesar Rp 65.829.411.172 menjadi Rp 194.036.433.315.
Dilihat dari laba yang diperoleh, tahun 2004 perusahaan memperoleh laba usaha
sebesar Rp 283.395.386.692, kemudian tahun 2005, laba usaha naik menjadi Rp
424.969.872.324. Keuntungan dari penerapan e-bisnis ini mungkin juga memberi
kontribusi tertentu dari kenaikan laba usaha sebesar Rp 141.574.485.632.
Dari data di atas, terlihat bahwa
dari tahun ke tahun laba usaha yang dicapai PT. SMART, Tbk terus meningkat. Hal
ini karena adanya biaya penerapan e-bisnis (website),
yang terkandung di dalamnya biaya infrastruktur teknologi yang baru di gunakan.
Kesimpulan
Bagi
perusahaan besar, seperti PT. SMART, Tbk dan lainnya, menerapkan teknologi
informasi jaringan dan komunikasi akan sangat memberikan dampak positif. Namun,
bagi perusahaan menengah, terlebih bagi perusahaan kecil, penerapan teknologi
mutakhir seperti ini cenderung akan mengakibatkan kerugian financial yang cukup
besar. Hal ini dikarenakan biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan dan
operasional teknologi ini sangat besar. Sedangkan hasil yang diperoleh belum
tentu dapat menutupi biaya tersebut, apalagi diharapkan dapat memberikan laba
bagi perusahaan.
Saran
Untuk melengkapi tampilan website milik PT. SMART disarankan :
1. Mengadakan pooling terhadap para pembaca atau pengguna
website atas manfaat yang dirasakan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui tingkat
keberhasilan system ini.
2. Sebaiknya perusahaan menyediakan kolom complaint bagi
para konsumen. Sehingga para konsumen dapat menyampaikan keluhannya dengan
mudah
Nama : Hilman Fakhrul Arifin
NPM : 53411389
Kelas : 4IA17
0 komentar:
Posting Komentar